Fungsi Dual OIS di Samsung Galaxy Note 8 yang Perlu Kita Tahu

Smartphone Samsung Galaxy Note 8

Tekno.Aktivitas.ID - Bagi pengguna Samsung  Galaxy Note 8 pasti tidak heran dengan fitur kameranya yang begitu canggih. Ya, terdapat fitur optical image stabilizer (OIS) di Samsung  Galaxy Note 8 yang pada umumnya fitur tersebut digunakan di kamera DSLR atau mirrorless.

Fitur OIS sendiri berfungsi untuk mengurangi guncangan yang membuat gambar menjadi buram atau kabur. Lalu apa sih fungsi dari fitur OIS di Galaxy Note 8 tersebut?

Pengertian OIS

OIS merupakan singkatan dari Optical Image Stabilization di mana jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah penstabil gambar optik.  Fitur OIS ini juga dikenal dengan istilah IS (image stabilizer) atau OSS (Optical SteadyShot) atau bisa juga AntiShake. Jadi dengan adanya fitur OIS ini, maka gambar yang akan dihasilkan dari kamera jauh lebih stabil.

Kamu pasti pernah memotret dengan hasil foto yang blur karena kamera goyang alias tidak stabil waktu ambil foto? Apalagi jika ketika seseorang mengambil foto dalam pencahayaan yang minim atau gelap. Otomatis kamera akan menurunkan shutter speed menjadi lebih lambat agar foto dapat terlihat lebih terang.

Back Camera Smartphone Samsung Galaxy Note 8

Fungsi OIS pada Samsung Galaxy Note 8

Menjadi sebuah kelebihan yang ada pada Samsung Galaxy Note 8 di mana smartphone ini menggunakan fitur OIS. Samsung Galaxy Note 8 sendiri memiliki dua fitur OIS karena kameranya yang mempunyai dua lensa, yaitu wide dengan ukuran 26 milimeter dan telephoto 56 milimeter.

Mengingat begitu rumitnya keberadaan OIS pada suatu kamera maka bisa dikatakan OIS dalah fitur yang cukup sulit apabila disematkan pada kamera smartphone. Hal ini dikarenakan perusahaan harus membuat sistem motor dan kecepatan geraknya terlebih dahulu sehingga nantinya bisa menetralkan gerakan atau guncangan-guncangan.

Jadi ketika tangan pengguna bergerak atau bergoyang ke kanan saat sedang memotret maka OIS bisa langsung meresponsnya. OIS akan membuat motor bergerak ke kiri secara otomatis untuk membuat kamera smartphone tetap stabil.

Perangkat OIS di Samsung Galaxy Note 8 sendiri terdiri dari dua sistem yang terpisah di mana kamera utama dijuluki “Wide“. Namun kamera di Samsung ini sebenarnya hanyalah sebuah lensa normal sebagaimana pada ponsel Samsung lainnya. Sementara itu pada kamera kedua adalah pilihan “Telephoto“.

Dual OIS di Samsung Galaxy Note 8

Telephoto ini memberikan zoom optik 2x lebih lebar dari umumnya. Ya, kedua kamera pada Samsung Galaxy Note 8 ini menggunakan sensor 12 megapiksel dengan teknologi Dual Pixel yang sama yang ditemukan di Galaxy S8 dan S8 Plus.

Sementara itu Lensa yang ada pada Wide memiliki aperture f / 1.7. Adapun untuk Telephoto sendiri berjalan dengan f / 2.4 lebih lambat. Maka dari itu, lensa tele membutuhkan cahaya yang lebih bila dibandingkan dengan lensa Wide agar bisa mencapai kualitas yang sama.

Fungsi OIS pada Samsung Galaxy Note 8 juga sangat berperan dalam hal meng- zoom-in dan zoom-out gambar yang ingin dibidik pengguna. Bukan hanya itu saja, OIS juga membantu dalam hal perekaman video timelapse, slow motion, serta saat menggunakan kamera dalam mode Telephoto.

Bagi kamu yang hobi mengambil video, adanya OIS di smartphone juga akan memudahkan kamu dalam merekam video. Kamu bisa melakukan zoom-in dan zoom-out karena kamera smartphone ini yang tidak akan mudah bergoyang. Ya, dengan adanya fitur dual OIS di Samsung Galaxy Note 8 akan memanjakan kamu  untuk bisa merekam video yang berkualitas bagus dan stabil hanya dengan handheld.

Seperti itulah ulasan mengenai fitur OIS di Samsung Galaxy Note 8. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Posting Komentar