Manfaat Energi Matahari Bagi Kehidupan Manusia


Tekno.Aktivitas.ID - Energi matahari atau cahaya sering dikenal dengan istilah energi surya. Yang merupakan suatu energi yang dihasilkan dari atau dipancarkan oleh sumber cahaya yaitu matahari. Seperti yang kita ketahui, bahwa matahari adalah suatu sumber energi penerangan yang terbesar di Bumi.

Sebenarnya energi cahaya ini tidak hanya dari matahari saja. Melainkan ada pula sumber lainnya seperti dari api, lilin, bintang, bulan, lampu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan adanya energi cahaya ini maka akan membantu kita yang semula berada ditempat yang gelap menjadi terang.

Matahari seperti yang kita ketahui mampu memancarkan radiasi yang dinamakan dengan elektromagnetik. Sedangkan sebagai umat manusia kita hanya bisa melihat sebagian kecil dari energi jenis ini. Yang sering disebut dengan nama cahaya tampak.

Energi dari cahaya ini merupakan suatu bentuk dari gelombang elektromagnetik dimana memiliki panjang gelombang 380 sampai berkisar 750 nano meter. Jika dilihat berdasarkan kasat mata.

Energi Surya

Cahaya atau surya sendiri memiliki pengertian sebagai suatu paket atau partikel yang diberi nama foton. Studi mengenai cahaya atau foton ini diawali pada masa zaman optika klasik. Yang mana digunakan untuk mempelajari mengenai besaran optic. Hal tersebut berkaitan erat dengan fase cahaya, polarisasi, panjang gelombang, frekuensi dan juga intensitas tentunya.

Manfaat Energi Surya Bagi Kehidupan

Seperti yang kita ketahui bahwa matahari sebagai suatu sumber energi cahaya atau foton terbesar. Pastinya memiliki banyak peranan bagi kehidupan didunia. Beberapa peranan atau manfaat tersebut adalah seperti dibawah ini :

1. Merupakan suatu sumber energi yang tidak terbatas


Energi matahari merupakan suatu sumber energi yang tidak akan pernah habis. Meskipun penggunaanya berulang-ulang kali. Energi dari matahari ini tergolong dalam renewable energi atau energi yang dapat diperbaharui. Tidak seperti sumber energi fosil.

2. Merupakan suatu pembangkit tenaga listrik


Energi matahari ini dikenal sebagai sumber energi yang kekal pada bumi. Dengan semakin berkembangnya suatu teknologi hasil ciptaan manusia. Maka energi matahari sebagai energi alternatif ini dimanfaatkan menjadi suatu tenaga pembangkit tenaga listrik.

Listrik yang dapat dihasilkan dari energi matahari ini cukup besar serta ramah lingkungan. Karena pembangkit listriknya tidak mengandung atau menimbulkan polusi udara. Selama cahaya matahari masih bersinar, masih ada, maka listrik dari tenaga matahari ini juga akan tetap selalu dapat di nikmati.

3. Matahari Dapat Membantu Proses Pengeringan


Tidak perlu lagi ragu pada kemampuan atau manfaat dari energi matahari yang satu ini. Matahari sejak dulu memang dikenal sebagai energi pengering yang handal. Banyak dimanfaatkan untuk mengeringkan jemuran seperti baju, ikan asin dan lain sebagainya.

Bahkan Energi panas matahari ini merupakan suatu energi sangat diperlukan atau dibutuhkan oleh para petani garam. Energi matahari juga mampu membantu dalam proses penguapan air laut sehingga dapat membentuk awan. Awan inilah yang akan mengandung banyak air dan kemudian menimbulkan hujan turun.


4. Energi Matahari dapat Membantu Proses Fotosintesis


Selain sebagai pusat atau sumber energi. Matahari juga merupakan suatu pusat kehidupan. Yang memiliki peran besar dalam pertumbuhan atau perkembangbiakan tanaman hijau. Dalam hal ini adalah sinar matahari akan sangat dibutuhkan oleh tumbuhan hijau untuk melakukan proses fotosistesis.

Di mana selain dapat membantu tanaman untuk tumbuh dan juga berkembang. Proses fotosintesis juga akan menghasilkan banyak gas oksigen yang akan sangat bermanfaat untuk sistem pernafasan manusia dan juga hewan.

5. Energi Matahari Berguna Untuk Menjaga Kesehatan


Selain dapat bermanfaat untuk menghasilkan energi. Sinar matahari juga banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya yang sangat popular adalah mengandung vitamin D. Yang mana vitamin ini baik bagi pembentukan dan menjaga tulang tetap kuat.

Dengan terjaganya tulang, maka akan mengurangi rasa sakit atau rasa nyeri. Matahari juga mampu membakar lemak atau kolesterol jahat dalam tubuh. Temperatur tubuh juga akan lebih terjaga.

Nah, itulah beberapa manfaat dari energi sinar matahari bagi manusia. Banyak juga bukan manfaatnya? Khususnya manfaatnya bagi kehidupan. Sangat baik juga untuk kesehatan, untuk itulah jangan takut terpapar matahari. Namun, harus dengan lama paparan dan juga waktu yang tepat ya.

0 Komentar

Posting Komentar