Mengenal Beberapa Sumber Energi Alternatif yang dapat Diperbaharui

Sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui

Tekno.Aktivitas.ID - Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini Indonesia tengah mengalami krisis energi. Cadangan energi fosil yang ada di Indonesia tercatat sejak tahun 2002. Adalah dengan data sebagai berikut, 40 tahun untuk cadangan minyak, 60 tahun untuk cadangan gas alam, dan juga 200 tahun untuk batu bara.

Dengan keadaan yang seperti ini, yaitu semakin menipisnya sumber energi fosil tersebut. Maka seharusnya sudah sangatlah perlu kita sebagai generasi muda khususnya.

Mencari alternatif lain sebagai sumber energi tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan beralih dari sumber energi fosil (nonrenewable) ke sumber energi yang dapat diperbaharui (Renewable).

Pengertian Energi

Energi sendiri mempunyai suatu pengertian sebagai suatu input yang penting dalam suatu kegiatan ekonomi. Dan juga sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Energi merupakan salah satu tantangan terbesar yang tengah kita hadapi saat ini. Dari tahun - ke tahun masalah energi masih menjadi suatu masalah yang berkelanjutan.

Dan belum dapat di selesaikan benar - benar tuntas. Padahal seperti yang kita tahu bahwa sumber energi didunia masih didominasi oleh sumber energi fosil. Sedangkan energi fosil tersebut tidak dapat diperbaharui. Sehingga sudah barang tentu lama - kelamaan sumber energi fosil tersebut akan habis.

Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa, energi tidak dapat dibuat serta tidak dapat dimusnahkan. Namun, hal tersebut bukanlah berarti bahwa sumber energi tidak dapat kita cari. Banyak sekali potensial alam yang sebenarnya dapat kita kaji untuk dijadikan sumber energi alternatif. Sumber energi tersebut misalnya adalah angin, biomassa, hydropower dan juga sumber energi matahari.

Sumber energi alternatif

Setelah kita mengetahui pengertian energi diatas, serta sedikit mengetaui bahwa saat ini tengah terjadi krisis energi. Maka hal yang paling mungkin kita lakukan sebagai generasi mudah penerus bangsa adalah mencari sumber energi alternatif. Sebenarnya tidak hanya mencari namun juga harus mengkaji, serta kemudian menerapkan.

Banyak sebenarnya potensi alam yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif. Dan rata - rata sumber energi tersebut kita dapatkan secara gratis dan jumlah yang melimpah. Serta yang paling penting adalah sumber ini tidak akan habis layaknya sumber energi fosil. Karena sifatnya yang renewable energi.

Beberapa ahli sebenarnya telah mengembangkan berbagai penelitian dalam bidang energi. Khususnya dalam upaya untuk memerangi krisis enegi dunia. Namun, banyak sekali kendala, mulai dari finansial, atau juga teknologi yang belum memadai yang membuat penelitian tersebut akhirnya dihentikan dan juga tidak diterapkan.

Beberapa sumber alternatif energi yang dapat kita aplikasikan sebagai sumber energi terbarukan. Diantaranya adalah angin, air atau hydropower, energi matahari atau solar sel dan juga energi dari mikroba atau biomassa. Selain sumber energi diatas ada pula energi terbarukan lainnya yaitu seperti biogas, biodiesel dan juga bioethanol. Banyak pula yang mengembangkan atau mengkaji mengenai sumber energi dari gelombang air laut.

Nah, beberapa dari sumber energi diatas, masing – masing akan dijelaskan seperti dibawah ini.


Beberapa Jenis Sumber Energi Alternatif

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa sumber energi alternatif dapat kita dapatkan dari hal – hal yang ada disekeliling kita. Bahkan kita juga pastinya sudah familiar dengan sumber tersebut.

Seperti angin yang kita rasakan setiap hari, air yang kita gunakan setiap hari, matahari yang kita rasakan panasnya setiap hari, serta biomassa yang meski tak terlihat dan mungkin merupakan suatu hal yang belum begitu familiar bagi beberapa kalangan.

Berikut ini akan dijelaskan sedikit lebih detail mengenai masing – masing sumber energi alternatif tersebut.

Sumber Energi Alternatif Angin

sumber energi alternatif dari angin
Sumber energi angin

Sumber energi alternatif dari angin ini adalah salah satu sumber energi alternatif yang saat ini sudah lumayan banyak dikembangkan. Bahkan ada beberapa wilayah yang memang telah menerapkan sumber energi ini.

Karena pada dasarnya kita menggunakan angina sebagai suatu sumber. Maka otomatis juga memerlukannya dalam jumlah yang cukup besar. Maka tak heran jika hanya wilayah tertentulah yang dapat menerapkan sumber energi alternatif dari angin ini.

Salah satu energi yang paling mudah dari angin ini adalah dengan mengkonversinya menjadi suatu energi listrik. Di mana dengan menggunakan kincir, maka angin adalah suatu energi yang digunakan untuk menggerakkan kincir tersebut. Yang selanjutnya putaran dari kincir yang kencang akan menimbulkan suatu gesekan dan dihasilkan suatu energi yaitu berupa energi listrik.

Banyak daerah yang sudah menerapkan sumber energi alternatif angin ini. Khususnya beberapa daerah di dataran tinggi serta daerah sekitaran pantai. Yang merupakan gudang atau ketersediaan angin melimpah.

Biasanya energi listrik yang dihasilkan dari kincir angin ini, digunakan sebagai penerangan. Atau dapat pula disimpan dalam baterai dengan menggunakan media transmitter. Sehingga tetap dapat dinikmati meskipun mungkin sedang tidak musim angin atau angin tidak begitu kencang.

Sumber Energi Alternatif Air atau Hydropower

Sumber energi alternatif dari air atau hydropower
Sumber energi air atau hydropower

Sumber energi alternatif yang satu ini adalah yang paling familiar di kalangan masyarakat umum. Karena sudah sejak lama atau cukup lama sumber energi ini diterapkan. Yaitu misalnya pada bendungan - bendungan atau juga danau. Dengan dipasang suatu turbin dan air ini akan menggerakkan turbin. Sehingga saat turbin berputar dihasilkanlah energi listrik.

Bahkan terkadang masyarakat sekitar danau atau waduk pun dapat menikmati energi listrik yang dihasilkan dari air ini dengan gratis. Tidak hanya berasal dari waduk dan juga danau saja, namun saat ini juga banyak diterapkan pada beberapa air terjun dan juga sungai. Sumber energi air ini memang suatu hal yang paling mungkin dan paling mudah dijadikan sumber energi alternatif.

Sebenarnya tidak hanya dapat menggunakan air sebagai penggerak turbin. Namun, air ini juga dapat diubah menjadi uap. Yang selanjutnya dapat pula dibuat suatu energi alternatif dari uap air. Layaknya PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) yang ada saat ini. Meski uap yang digunakan saat ini masih uap yang berasal dari panas bumi. Nah, barangkali suatu saat dapat diganti dengan uap buatan dari hasil pemanasan air.

Sumber Energi Alternatif Matahari

Sumber Energi Alternatif Matahari
Sumber energi matahari

Seharusnya anda juga familiar dengan sumber energi yang satu ini. Bagaimana tidak, Matahari biasanya menjadi suatu hal yang anda keluhkan. Karena panasnya yang ia berikan saat siang terik membuat kondisi tubuh menjadi lemah. Padahal panas yang dihasilkan matahari tersebut adalah suatu peluang. Suatu peluang untuk menjadi sumber energi.

Panas dari matahari selama ini banyak digunakan sebagai media atau sarana pengering. Misalnya untuk mengeringkan pakaian atau hal lainnya yang memang butuh suatu pengeringan. Namun, di beberapa negara termasuk Indonesia. Panas matahari kini dimanfaatkan sebagai sumber alternatif energi yaitu dengan teknologi solar sel.


Sumber Energi Alternatif Biomassa

Sumber Energi Alternatif Biomassa
Sumber energi biomassa

Meskipun mungkin belum terlalu familiar. Namun ternyata sumber energi ini mampu menghasilkan suatu energi yang cukup besar. Banyak sekali ahli yang tertarik dengan sumber yang satu ini.

Biomassa merupakan suatu mikroba yang dapat menghasilkan energi. Salah satunya yang sedang ten adalah dengan mengembangkan mikroba yang ada pada sumber air panas. Yang nantinya akan menghasilkan energi listrik.


Nah, kurang lenih itulah penjelasan singkat mengenai sumber energi alternatif serta jenisnya. Banyak sekali hal - hal disekitar kita yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dalam upaya memerangi krisis energi. Sebagai generasi muda, anda seharusnya tergerak untuk turut andil dalam hal tersebut.

0 Komentar

Posting Komentar