Cara Mudah Mengatasi Gagal Unduh Aplikasi Di Android

Cara mengatasi gagal unduh aplikasi android - teknologia.co.id

Tekno.Aktivitas.ID - Walaupun kita sudah menggunakan playstore untuk mengunduh berbagai aplikasi, namun kerapkali terdapat masalah gagal unduh aplikasi. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa faktor. Seperti koneksi yang tidak mendukung atau bisa jadi kapasitas memori internal anda yang sudah tidak cukup.

Namun ada pula beberapa faktor lain yang justru tidak pernah kita duga sebelumnya. Tentu saja masalah gagal unduh ini sangat menggangu terlebih jika kita menginginkan aplikasi yang sangat diperlukan.


Untuk mengatasinya anda tidak perlu buru-buru pergi ke servis center karena dengan beberapa langkah sederhana ini, anda bisa mengatasi masalah gagal unduh aplikasi. Agar faktor penyebabnya bisa diketahui, maka ketika mengatasinya lakukan dengan langkah yang urut.

Mulai dari yang termudah yaitu mematikan koneksi internet hingga meng-uninstall aplikasi playstore. Apa saja cara mudah mengatasi gagal unduh di android ini, berikut beberapa tips dan triknya.

Cara Mengatasi Gagal Unduh Aplikasi Di Android

Aplikasi Android
Aplikasi Android

1. Matikan data internet dan hidupkan kembali

Jika Google Playstore tidak bisa melakuka pengunduhan bisa jadi prosesnya bermasalah dengan koneksi internet anda. matikan data internet untuk sementara kemudian hidupkan kembali. Cara ini berfungsi untuk menarik data internet agar bekerja lebih agresif mengirimkan data internet. Selain itu pastikan bahwa daerah anda tersedia sinyal yang cukup kuat sehingga download berjalan lancar.

2. Cek ketersediaan memori

Cek bagian memori internal dan eksternalnya apakah kapasitasnya memadai untuk menyimpan aplikasi yang anda inginkan. Caranya dengan masuk ke pengaturan kemudian pilih penyimpanan dibagian ini anda bisa mengecek ketersediaan memori internal dan eksternalnya. Sebaiknya pindah atau hapus aplikasi di memori internal jika spacenya sedikit. Namun jika kapasitas memori masih banyak maka perlu melakukan langkah ketiga dibawah ini.

3. Hapus File Chace

Adanya file chace sangat mempengaruhi sistem android anda. android menjadi lebih lelet jika chace banyak menumpuk. Anda bisa membersihkan perangkat android dari chace dengan aplikasi khusus seperti CCleaner, CM Security atau dengan cara manual. Masuk ke pengaturan kemudian pilih aplikasi dan tap semua. Pilih aplikasi Google Playstore kemudian pilih Clear Cache.


4. Hentikan dan hapus data Google Playstore

Hentikan dan hapus data aplikasi di playstore anda. hal ini akan membuat semua data aplikasi hilang permanen. Basis data, history, hingga cache pada playstore akan hingga secara keseluruhan. Cara ini bisa anda coba jika Google Playstore menampilkan informasi berupa angka di keterangan errornya. Caranya dengan masuk ke Pengaturan pilih aplikasi. Tap semua dan pilih Google Playstore. Tap Force Close dan Clear Data. Lakukan hal yang sama pada Google Service Framework dan Download Manager.

5. Install Ulang Google Playstore

Jika semua cara diatas tidak berhasil maka perlu menghapus aplikasi Google Playstore dan instal ulang aplikasi tersebut. namun sebelum melakukan cara tersebut, anda mesti mempersiapkan aplikasi dengan format APK agar bisa dengan mudah anda install kembali di ponsel anda.

Demikian beberapa cara mengatasi gagal unduh di android. Lakukan perbaikan ini dengan proses secara bertahap. Selamat mencoba.

0 Komentar

Posting Komentar