Beberapa Fakta Mengagumkan Dari Energi Biomassa

Energi Biomassa

Tekno.Aktivitas.ID - Beberapa dari kita mungkin masih ada yang belum mengetahui atau bahkan belum mendengar apa itu biomassa. Lalu apa sebenarnya biomassa itu?

Secara pengertian dalam dunia industri, biomassa dapat diartikan sebagai suatu bahan biologis yang hidup maupun mati. Yang mana bahan tersebut akan digunakan sebagai sumber atau bahan energi sebagai bahan bakar untuk keperluan industri.

Pada umumnya biomassa ini akan mengacu pada produksi biofuel. Namun, tak jarang juga yang menggunakannya untuk produksi serat, bahan kimia serta energi panas.

Biomassa ini juga dapat meliputi suatu materi organik berupa limbah yang terbiodegradasi kemudian dapat dibakar menjadi suatu bahan bakar.

Biomassa ini bukanlah suatu materi organik yang mana telah tertransformasi menjadi bentuk lainnya. Misalnya menjadi batu bara atau juga minyak bumi.

Apa Itu Sebenarnya Energi Biomassa?

Secara harviah pengertian dari energi biomassa adalah suatu jenis bahan bakar yang terbuat dari hasil konversi bahan – bahan biologis. Misalnya adalah berasal dari tanaman. Namun tak menutup kemungkinan juga dapat diperoleh dari hewan dan juga mikroorganisme.

Sistem energi biomassa adalah seperti yang sering anda jumpai dalam siklus karbon. Dimana sisa dari tumbuhan yang tidak dimakan oleh manusia dan juga hewan. Akan mengalami pembusukan oleh mikroorganisme tanah. Kemudian menghasilkan suatu gas yang akhirnya bermnfaat bagi manusia atau hewan dan tumbuhan lainnya. Sistem atau siklusnya terus seperti itu.

Skema Energi Biomassa

Contoh dari energi biomassa yang paling mudah adalah limbah tebu dan juga limbah tahu. Yang ternyata dapat dimanfaatkan untuk menjadi energi listrik. Serta dapat pula dikonversi menjadi bentuk energi yang lainnya.


Fakta Unik Mengenai Biomassa

Ternyata ada beberapa fakta yang mengagumkan dari biomassa ini. Yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Nah, kira – kira apa sajakah fakta unik atau mengagumkan dari biomassa? Berikut adalah uraiannya:

1. Adanya Rumah Kaca Tanpa Atap

Energi yang dihasilkan dari biomassa ini secara alami akan melepaskan sejumlah karbondiaoksida kembali menuju atmosfer. Yang mungkin akan dianggap sebagai suatu hal yang berdampak buruk. Karena karbondioksida sendiri merupakan salah satu penyebab global warming.

Namun pada kenyataannya, penggunaan dari energi biomassa ini adalah merupakan suatu sistem energi bersih. Tanaman yang digunakan sebagai energi biomassa telah menyerap karbondioksida dan memprosesnya.

Dengan melakukan pembakaran biomassa, maka hanya akan membuat gas karbondioksida yang dihasilkan digunakan oleh tanaman lainnya.

2. Adanya suatu limbah eliminator

Salah satu hal yang membuat energi biomassa menjadi unik dan menarik adalah karena adanya suatu limbah eliminator yang terkandung. Hal ini menjadikannya banyak digunakan di dunia ini saat ini. Banyak produk dari biomassa ini digunakan sebagai sarana untuk membangun rumah.

Misalnya digunakan untuk furniture, serta barang – barang yang lainnya yang diperlukan dalam sebuah rumah. Energi biomassa ini merupakan suatu limbah eliminator, yang dapat digunakan sebagai bahan bakar, energi listrik, dan juga bentuk energi yang lainnya. Serta energi ini merupakan suatu energi baru terbarukan.

3. Minyak nantinya tidak akan dibutuhkan lagi di masa depan

Saat ini telah terbangun suatu pembangkit listrik dengan tenaga biomassa di Amerika Serikat. Dari listrik yang dihasilkan, tercatat mampu menghidupi atau memenuhi kebutuhan listrik untuk 60.000 rumah. Unit pembangkit Biomassa yang dibangun menggunakan tebu sebagai sumber energinya yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

Listrik dari Energi Biomassa

Selain itu juga menggunakan kayu sebagai tambahan yang berasal dari lingkungan perkotaan sekitarnya. Sumber energi yang dihasilkan cukup besar. Serta mampu melayani kebutuhan listrik, sekitar 140 MW dihasilkan setiap harinya. Hal tersebut berarti bahwa tanaman tebu tersebut mampu mengurangi kebutuhan minyak Amerika yaitu sekitar 1 juta barel setiap tahunnya.

4. Energi Biomassa Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Sebenarnya hal ini adalah bukti bahwa biomassa telah diterapkan sejak zaman dahulu. Yaitu dengan adanya tungku masak dengan kayu bakar. Hal tersebut merupakan salah satu penerapan dari biomassa.

Hal unik dan mengagumkan lainnya dari biomassa ini adalah adanya biogas yang merupakan suatu sistem cycle. Banyak sekali bukan keunikan dan hal mengagumkan dari biomassa ini.

Itulah beberapa penjelasan energi alternatif biomassa. Nah, sekarang sudah paham bukan apa itu biomassa dan juga apa manfaatnya. Sangat banyak sekali ternyata, dan juga tentunya masih adalagi banyak manfaat dari biomassa jika anda mau mengkajinya. Menarik bukan? Kira - kira apalagi ya?

0 Komentar

Posting Komentar