Ini Jenis Virus Android yang Siap Menyerang Smartphone Anda

Virus Android yang Siap Menyerang Smartphone Anda

Tekno.Aktivitas.ID - Virus tidak hanya bisa menyerang PC atau laptop anda. Sekarang juga sudah mulai banyak beredar virus android yang bisa menginfeksi dan merusak smartphone anda.

Yang lebih menakutkan lagi, juga sudah ada beberapa virus android yang tidak merusak smartphone anda namun mencuri data-data pribadi yang ada di dalam smartphone anda.

Coba bayangkan bagaimana jika data-data penting yang anda simpan di dalam smartphone seperti foto-foto pribadi, history chat, dan bahkan kode pin tersebut sampai jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab?

Lalu apa saja jenis-jenis virus android yang bisa sewaktu-waktu menyerang smartphone anda? Dari mana saja virus android tersebut bisa menginfeksi smartphone anda? Baca penjelasan selengkapnya di artikel ini ya.

4 Macam Virus Android dan Metodenya Menginfeksi Smartphone Anda

Bagi anda pengguna smartphone android, anda harus lebih berhati-hati karena di jaman sekarang sudah banyak virus android yang berkeliaran. Jika anda lengah sedikit saja, smartphone sekaligus data-data penting di dalamnya bisa menjadi sasaran serangan virus android tersebut.

Berikut ini adalah 4 jenis virus android yang paling sering menyerang smartphone dan bisa dikategorikan sangat berbahaya:

1. Engriks

Engriks merupakan virus android pertama yang sudah menginfeksi cukup banyak smartphone android di seluruh dunia. Smartphone yang terinfeksi virus Engriks ini biasanya akan terus menerus mengeluarkan peringatan yang aneh.

Virus ini biasanya menyerang smartphone android melalui situs-situs dewasa. Jadi sekarang anda sudah paham bukan kenapa sebaiknya jangan nekat mengunjungi situs-situs tersebut?

2. Cyber Police

Cyber Police bisa dikategorikan sebagai virus android sekaligus malware. Kenapa? Karena Cyber Police tidak hanya menyebabkan smartphone anda tidak bisa digunakan, namun juga bisa mencuri data-data penting di dalam smartphone anda.

Cyber Police sangat mirip dengan virus ransomware yang beberapa lalu sempat membuat heboh seluruh dunia. Smartphone yang sudah terserang virus Cyber Police ini benar-benar tidak akan bisa digunakan karena layar akan terus menerus menampilkan pop up berisi ancaman.

Bagi anda yang ingin bisa menggunakan smartphone dan juga mendapatkan data-data di dalam smartphone, anda harus membayar tebusan berupa itunes gift.

3. Shedun, Shuanet, dan juga Shifty Bug

Shedun, Shuanet, dan juga Shifty Bug merupakan kombinasi 3 virus android yang jauh lebih mengerikan lagi. 2 virus android sebelumnya tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan 3 virus ini.

Smartphone yang sudah terjangkit 3 virus ini secara otomatis sudah tidak bisa digunakan lagi selamanya. Ya, anda mau tidak mau harus membeli smartphone baru.

Setelah berhasil masuk kedalam sistem android, 3 virus ini akan membelah diri dan memasukkan data kedalam sistem android.

3 virus android ini biasanya menyerang dari aplikasi-aplikasi yang diunduh diluar Google Playstore. Jadi sekarang sudah tau bukan kenapa sebaiknya hanya mengunduh aplikasi langsung dari Google Playstore?

4. Power Off Jack

Virus android yang keempat juga cukup berbahaya karena bisa mematikan smartphone anda. Smartphone yang sudah terinfeksi virus Power Off Jack ini juga sudah tidak bisa digunakan lagi.

Mengerikannya lagi, selama smartphone anda terlihat mati, sebenarnya smartphone anda masih aktif. Virus android ini akan menggunakan layanan provider untuk mengirimkan SMS ke kontak yang ada di dalam smartphone anda.

Tak hanya itu saja, virus android ini juga akan mengaktifkan fitur kamera untuk merekam.

Bagaimana? Cukup menakutkan bukan virus android di jaman sekarang? Melihat fakta tersebut, sebaiknya pastikan untuk memasang aplikasi antivirus di dalam smartphone dan sebisa mungkin jangan berselancar ke situs-situs dewasa lagi.

0 Komentar

Posting Komentar