Smartphone Android Cepat Panas, Ini Beberapa Penyebabnya

Penyebab smartphone android cepat panas

Tekno.Aktivitas.ID - Apakah anda sering merasakan smartphone android cepat panas? Memang terkadang smartphone android terasa panas ketika digunakan. Ketika suhu smartphone meningkat, secara otomatis performanyapun akan menurun drastis.

Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mencegah smartphone android cepat panas. Namun sayangnya, masih banyak orang yang menganggap bahwa smartphone android yang cepat panas tersebut sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan smartphone android cepat panas? Ada banyak sekali hal yang menyebabkan smartphone anda menjadi mudah panas. Jika anda ingin mengetahui apa saja penyebab smartphone anda menjadi lebih cepat panas, anda bisa mempelajarinya di artikel ini.


4 Hal yang Biasanya Membuat Smartphone Android Menjadi Cepat Panas

Jika smartphone android yang anda miliki akhir-akhir ini menjadi cepat panas, mungkin ini beberapa hal penyebabnya:

1. Smartphone tidak pernah dimatikan

Cukup banyak orang yang tidak pernah mematikan smartphonenya. Kebanyakan orang memang bahkan melakukan pengisian baterai dalam kondisi smartphone masih hidup.

Taukah anda bahwa jarang mematikan smartphone itu berdampak pada komponen di dalam smartphone? Karena tidak pernah diistirahatkan, otomatis komponen di dalam smartphone anda menjadi cepat panas.

Oleh sebab itu, jangan heran jika suhu smartphone android anda sekarang menjadi cepat panas padahal dulunya tidak pernah seperti itu.

Sebaiknya matikan smartphone anda sesekali, terutama selama anda mengisi baterai. Hal tersebut akan memperpanjang umur smartphone sekaligus mencegah smartphone android cepat panas.

2. Smartphone tidak pernah dibersihkan

Masalah smartphone android cepat panas sebenarnya juga bisa terjadi dikarenakan jarangnya smartphone dibersihkan.

Apa hubungan membersihkan smartphon dengan peningkatan suhu? Sekilas memang kelihatannya dua hal tersebut tidak berhubungan, namun jika anda perhatikan, smartphone yang tidak pernah dibersihkan pasti memiliki banyak kotoran.

Kotoran-kotoran tersebutlah yang memicu peningkatan suhu. Kenapa? Karena ventilasi udara untuk membuang hawa panas dari dalam smartphone tertutup oleh kotoran.

Oleh sebab itu, pastikan untuk membersihkan smartphone anda. Membersihkan smartphone tidak hanya dapat mencegah smartphone android cepat panas saja, namun juga mempercantik tampilan smartphone anda.

3. Menggunakan softcase yang terlalu tertutup

Masalah smartphone android cepat panas juga bisa disebabkan karena pemilihan softcase yang salah. Jika anda memilih dan menggunakan softcase smartphone yang terlalu tertutup, maka kemungkinan smartphone anda cepat panas akan lebih tinggi.

Kenapa? Karena sekali lagi, hawa panas di dalam smartphone tidak bisa dikeluarkan dengan baik. Akibatnya jelas smartphone anda akan terasa panas.


4. Digunakan untuk menjalankan aplikasi berat

Smartphone android cepat panas juga terkadang disebabkan karena aplikasi yang anda jalankan terlalu berat atau terlalu banyak.

Ketika prosesor, RAM, dan juga memori internal smartphone android anda bekerja keras, otomatis suhu di dalam smartphone anda akan meningkat.

Setelah melihat apa saja penyebab smartphone android cepat panas tersebut, sebenarnya anda sudah bisa mengatasi hal tersebut dengan mudah bukan?

0 Komentar

Posting Komentar