Layar HP Anda Bergaris? Ini Beberapa Penyebabnya

Penyebab layar hape smartphone bergaris

Tekno.Aktivitas.ID - Masalah yang paling sering dialami oleh pengguna smartphone bisa dikatakan pada bagian layar. Memang layar smartphone di jaman sekarang ini merupakan bagian yang rentan mengalami kerusakan.

Salah satu masalah pada layar smartphone yang seringkali terjadi adalah munculnya garis pada layar. Sebenarnya ada banyak sekali penyebab layar HP bergaris. Namun mayoritas hal tersebut disebabkan karena penggunaan smartphone yang tidak sesuai aturan.

Mau tau apa saja yang biasanya menjadi penyebab layar HP bergaris? Jika anda ingin mengetahui permasalahan apa saja yang biasanya menyebabkan layar HP sampai mengeluarkan garis vertikal maupun horizontal, anda bisa pelajari lebih lanjut di artikel ini.

4 Faktor Utama yang Biasa Menjadi Penyebab Layar HP Menjadi Bergaris


Masalah layar smartphone yang sampai mengeluarkan garis vertikal atau horizontal memang bisa dikatakan sebagai sebuah masalah yang cukup parah. Berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya bisa menjadi penyebab layar HP bergaris:

1. Smartphone sering terjatuh dalam posisi layar terlebih dahulu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, layar memang adalah bagian smartphone yang paling riskan mengalami kerusakan. Benturan berulang kali saja sudah cukup membuat layar sebuah smartphone tidak bisa berfungsi secara normal.

Salah satu penyebab layar HP bergaris yang paling besar adalah sering terjatuh dan ketika terjatuh posisinya layar terlebih dahulu. Jika smartphone anda sering terjatuh secara tidak sengaja dan layar terlebih dahulu yang mengalami benturan, tidak heran jika layar smartphone anda bergaris.

Hal tersebut disebabkan karena ada beberapa piksel layar yang mengalami kerusakan dan tidak bisa berfungsi secara optimal lagi karena sering mengalami benturan.


2. Bagian layar smartphone sering tertekan

Smartphone yang tidak pernah terjatuh juga bisa saja mengalami kerusakan di bagian layar seperti munculnya garis. Hal tersebut bisa terjadi kemungkinan dikarenakan layar smartphone sering mendapatkan tekanan.

Hal ini biasa terjadi pada smartphone yang sering dimasukkan di dalam kantong celana maupun di dalam tas yang berisi barang-barang berat.

Ketika layar smartphone anda tertekan, secara otomatis piksel layar smartphone juga berisiko mengalami kerusakan.


3. Konektor layar smartphone mulai longgar

Masalah munculnya garis di bagian layar smartphone juga bisa disebabkan karena malfungsi dari konektor layar.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan banyak faktor seperti cacat produksi, smartphone terlalu sering digunakan hingga panas berlebihan, dan juga sering terjatuh.
Konektor layar smartphone itu sangat rentan mengalami kerusakan karena ketebalannya hampir mirip seperti kertas HVS.


4. Kerusakan pada GPU smartphone

Penyebab layar HP bergaris yang terakhir adalah dikarenakan adanya kerusakan di bagian GPU smartphone. GPU merupakan komponen smartphone yang bertugas mengatur tampilan layar.
Jika GPU smartphone mengalami kerusakan, otomatis tampilan layar juga akan mengalami masalah seperti contohnya munculnya garis vertikal maupun horizontal pada layar.

Layar smartphone yang mengalami kerusakan cukup sulit untuk diperbaiki. Biasanya jika memang layar sebuah smartphone sudah mengalami masalah, solusi satu-satunya adalah mengganti layar smartphone dengan layar baru.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda mulai mengurangi dan menghindari faktor-faktor yang menjadi penyebab layar HP bergaris tersebut supaya smartphone anda tidak sampai mengalami masalah di bagian layarnya.

0 Komentar

Posting Komentar