Sumber Energi Listrik Baru Terbarukan

Sumber energi listrik yang dapat diperbaharui

Tekno.Aktivitas.ID - Energi listrik adalah suatu sarana atau perangkat sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Hampir semua peralatan atau juga lingkungan kehidupan manusia dikelilingi oleh energi ini. Energi listrik menyumbangkan kurang lebih hampir pada semua sektor kehidupan. Mulai dari peralatan rumah tangga sampai proses jual beli. Semua dapat dilakukan berkat bantuan dari nenergi listrik.

Banyaknya kebutuhan atau mulai tergantungnya kehidupan manusia terhadap energi listrik. Membuat jumlah pemakaian energi jenis ini sangatlah besar. Terhitung hampir sekitar 700 MW setiap menitnya energi listrik terpakai pada seluruh dunia. Jumlah ini tentu saja bukanlah jumlah yang sedikit.

Sumber Energi Listrik

Dengan jumlah pemakaian yang besar, sedangkan pemasukan atau supply energi listrik yang juga pas – pasan. Membuat badan penyedia energi listrik pontang panting mencari alternative untuk menyumbang supply energi listrik. Banyak sumber energi listrik dicari untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setiap harinya.

Sampai saat ini tercatat beberapa sumber energi listrik yang menyumbang atau memasok kebutuhan listrik dunia. Adalah seperti dibawah ini :

1. Energi Nuklir

Sampai saat ini tercatat bahwa energi nuklir masih menyumbangkan energi terbanyak atau paling padat. Dibandingkan dengan jenis energi yang lainnya yang ada di alam yang dapat dikembangkan oleh manusia. Itu berarti bahwa dengan sedikit energi nuklir maka kita akan dapat mengekstraknya atau megkonversinya menjadi energi listrik dengan jumlah lebih banyak. Dari pada konversi dari bentuk energi yang lainnya seperti dari batu bara misalnya.

Sebagai contoh, dengan menggunakan 1 kg batu bara maka kita akan dapat menyalakan lampu listrik 100 W selama kurang lebih 4 hari. Sedangkan jika kita gunakan energi nuklir arupa uranium. Maka 1 kg uranium kita dapat menyalakan lampu 100 W sampai 180 tahun lamanya. Benar – benar suatu perbedaan yang sangat signifikan bukan?

Sayangnya energi nuklir ini merupakan suatu energi yang tidak terbarukan. Sehingga lama – kelamaan akan habis jika digunakan terus menerus. Dan biaya yang digunakan untuk dapat memanfaatkan energi nuklir ini juga tidak sedikit. Ditambah lagi segi dampaknya bagi kesehatan yang berbahaya, sehingga dinilai kurang ekonomis.

2. Minyak

Minyak ini sebenarnya bukanlah sumber energi listrik secara langsung. Melainkan biasa digunakan untuk menggerakkan mesin – mesin pengkonversi energi menjadi energi listrik. Misalnya saja pada mesin diesel. Namun, dari hasil energi yang dihasilkan terdapat banyak sekali asap yang akhirnya menimbulkan polusi. Minyak juga merupakan suatu sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Sehingga perlu dipikirkan kembali alternative lain dari energi ini.

3. Batu Bara

Batu bara saat ini masih dinilai sebagai sumber energi yang paling efektif dalam hal energi listrik ini. Sangatlah mungkin menggunakan batu bara sebagai sumber energi karena jumlahnya yang melimpah. Serta batu bara ini mudah sekali ditemukan. Namun, suatu sumber energi pastinya memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Sama halnya dengan batu bara ini. Kekurangannya adalah dibutuhkan tempat yang memadai. Yaitu suatu lubang yang besar untuk dapat menambang batu bara. Biayanya juga tentu saja tidaklah sedikit. Pembakaran dari batu bara ini juga menimbulkan asap yang mampu menyebabkan polusi. Batu bara juga bukan merupakan energi baru terbarukan. Sehingga lama kelamaan akan habis jika tidak segera dicari solusi yang lainnya sebagai pengganti.

Sumber Energi Listrik Baru Terbarukan

Setelah mengetahui beberapa sumber energi listrik yang selama ini kita nikmati. Penyumbang terbanyak adalah dari PLN jika di Indonesia. Dan PLN mengambil sumber energi listrik dari beberapa sumber seperti dijelaskan diatas.

Semua sumber diatas adalah sumber energi listrik yang tidak dapat diperbaharui. Sehingga lama – kelamaan tentunya akan habis. Untuk itulah diperlukan suatu alternative dengan menggunakan beberapa sumber energi listrik yang dapat di perbaharui (renewable).

Beberapa sumber energi listrik yang dapat diperbaharui (renewable) adalah seperti dibawah ini :


Nah, kurang lebih itulah beberapa sumber energi listrik yang ada saat ini. Baik sumber energi istrik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui. Gunakanlah selalu listrik dengan bijaksana, jangan lakukan pemborosan. Karena masa depan anak cucu kita ada ditangan kita saat ini. Jangan biarkan hidup mereka gelap tanpa adanya tenaga listrik.

0 Komentar

Posting Komentar