Cara Mudah Menghapus Virus Android dari Smartphone Anda

Download antivirus android - hapus virus android

Tekno.Aktivitas.ID - Jika smartphone android anda positif terinfeksi virus, sebaiknya segera hapus virus tersebut. Ada beberapa cara menghapus virus android yang cukup efektif.

Namun demikian, cara menghapus virus android tersebut hanya bisa dilakukan jika virus yang menginfeksi smartphone anda belum masuk kedalam sistem operasi android.

Jika virus sudah masuk dan menjadi satu dengan sistem operasi android, kemungkinan untuk menghapus virus tersebut akan semakin sulit. Bukan hanya itu saja, kemungkinan besar smartphone anda juga sudah tidak bisa digunakan jika virus android sudah menjadi satu dengan sistem android.

Sebelum itu terjadi, sebaiknya coba hapus virus android dengan menggunakan beberapa cara yang akan dibahas di artikel ini.

2 Cara Menghapus Virus Android yang Cukup Efektif


Bila anda mulai merasakan ada kejanggalan dari smartphone anda, kemungkinan besar smartphone anda terinfeksi virus android. Jika memang benar smartphone anda terinfeksi virus, sebaiknya segera coba gunakan salah satu dari 2 cara menghapus virus android berikut ini:

1. Menghapus virus android menggunakan aplikasi antivirus

Cara menghapus virus android yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi antivirus. Unduh terlebih dahulu antivirus melalui Google Playstore.

Bila anda belum mempunyai pilihan antivirus, kami sarankan anda untuk mencoba menggunakan Avast. Kenapa Avast? Karena antivirus tersebut cukup hebat dalam urusan menghapus virus android.

Bukan hanya itu, Avast juga mempunyai database virus yang cukup banyak sehingga kemungkinan virus yang menyerang smartphone anda terdeteksi juga semakin tinggi.

Jika anda sudah mengunduh dan juga memasang aplikasi antivirus, selanjutnya lakukan scanning terlebih dahulu. Jangan matikan dan juga menggunakan smartphone untuk hal lain selama proses scanning berjalan.

Umumnya, aplikasi antivirus akan memberikan pilihan setelah menemukan file yang dianggap sebagai virus. Anda bisa memilih memasukkan virus tersebut kedalam karantina atau menghapusnya secara permanen.

Untuk berjaga-jaga, lebih baik pilih untuk menghapus file yang diduga sebagai file virus. Jangan memasukkan virus kedalam karantina karena ada kemungkinan virus tersebut bisa kembali menyerang smartphone android anda lagi.

2. Menghapus virus android menggunakan metode flash

Jika anda sudah melakukan scanning dengan menggunakan aplikasi antivirus dan tidak satupun virus yang ditemukan, maka anda bisa mencoba menghapus virus android tersebut menggunakan cara kedua yaitu dengan mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik atau lebih sering dikenal dengan metode flash.

Jika anda masih bisa mengakses data-data yang terdapat di dalam smartphone, anda bisa melakukan backup terlebih dahulu sebelum menjalankan metode flash.

Namun sebenarnya hal tersebut sangat tidak disarankan. Kenapa? Karena bisa jadi virus sudah menyatu dengan file-file di dalam smartphone anda dan kemungkinan besar akan kembali menyerang smartphone anda setelah data backup dikembalikan ketika proses flash selesai dilakukan.

Jika memang anda merasa smartphone anda terinfeksi virus, lebih baik relakan data-data yang ada di dalam smartphone anda.

Anda bisa mengembalikan pengaturan smartphone anda ke pengaturan pabrik langsung melalui smartphone maupun menggunakan bantuan PC maupun laptop. Kami lebih menyarankan anda untuk melakukan flash menggunakan bantuan PC maupun laptop.

Jadi itulah 2 cara mudah untuk menghapus virus android yang bisa anda lakukan sendiri sekarang juga. Namun sekali lagi, metode untuk menghapus virus android tersebut kemungkinan hanya bisa digunakan jika anda masih bisa mengakses smartphone anda.

0 Komentar

Posting Komentar