SoFi, Robot Ikan yang Dapat Berbaur dengan Ikan-Ikan Asli

Robot Ikan SoFi

Tekno.Aktivitas.ID - Beberapa peneliti telah mengembangkan robot ikan dengan kerangka tubuh lunak yang dapat dikendalikan dengan menggunakan suara saat berenang di antara ikan-ikan asli

Robot ikan bernama SoFi telah berhasil diciptakan oleh tim peneliti dari Massachusetts Institure of Technology (MIT). Dilansir dari Daily Mail, SoFi dapat berenang lebih dari 50 kaki di baawah permukaan air dalam waktu 40 menit non stop.

Pengembangan SoFi didukung oleh National Science Foundation Amerika Serikat. Peneliti merakit sejumlah kamera pada robot tersebut untuk dapat memantau apa yang ada di sekitar SoFi. SoFi dapat bergerak lincah meski diantara arus air laut dan dapat memotret foto resolusi tinggi dengan kamera berlensa Fish eyes.

Controller Robot SoFi
Controller Robot SoFi (news.mit.edu)

SoFi dilengkapi ekor bergelombang dan punya kemampuan canggih untuk mengontrol daya apungnya. Uniknya, untuk mengontrol pergerak SoFi pada peneliti menggunakan controller atau stick Super Nitendo yang dimodifikasi agar anti air dan adanya pengembangan sistem komunikasi akustik custom yang dapat mengubah kecepatan berenang robot, membuatnya bergerak dan berbutar.

Robot ikan tersebut dapat berenang di antara ikan-ikan di laut dengan mobilisasi yang sama persis dengan ikan asli. Kemampuan SoFi yang dapat bebaur dengan ikan-ikan asli adalah sesuatu yang sangat mengagumkan.

Video Robot SoFi

Kandidat doktor dari CSAIL (Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory ) MIT, Robert Katzchmann, pimpinan penulisan laporan uji coba mengatakan, "Sepanjang yang kami ketahui, ini adalah robot ikan pertama yang dapat berenang tanpa harus ditambatkan dalam bentuk tiga dimensi untuk mempanjang waktu penyelaman."

“Kami sungguh antusias mengenai kemungkinan penggunaan sistem semacam ini agar dapat lebih dekat dengan kehidupan laut ketimbang dengan apa yang bisa dilakukan manusia dengan kemampuannya sendiri”.

Katzschmann mengatakan bahwa SoFi dikembangkan dengan prinsip sebisa mungkin tidak menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan, seminimal mungkin menghasilkan bising dari motor penggeraknya dengan cara menggunakan emisi ultrasonik dalam sistem komunikasi.

Robert Katzschmann dengan AUV SoFi
Robert Katzschmann dengan AUV SoFi (forbes.com)

“Robot ini mampu melakukan observasi secara dekat dan berinteraksi dengan kehidupan laut dan kehadirannya tidak mengganggu ikan-ikan yang ada”, ungkap direktur CSAIL, Daniela Rus.

Sistem hidrolik dapat membuat SoFi melakukan banyak gerakan ekor yang berbeda, sehingga kecepatan renangnya pun bisa diatur. Setengah bagian belakang SoFi terdiri dari plastik fleksibel dan karet silikon. Banyak komponen SoFi yang dibuat dari printer 3D, salah satunya adalah bagian kepala SoFi, yang melapisi bagian elektronik robot. Kepala SoFi diisi dengan baby oil untuk mengurangi kans kerusakan mesin karena air.

Baby oil dipilih karena cairannya tidak akan terkompres karena adanya perubahan tekanan saat SoFi melakukan penyelaman.  SoFi merupakan salah satu proyek dari CSAIL untuk menghasilkan robot yang lebih aman daripada mesin dengan tubuh keras seperti pada di tempat lain.

SoFi juga dapat berenang lebih dekat dan aman dengan terumbu karang, dan keberadaannya dapat “diterima” oleh spesies bawah laut lain.

0 Komentar

Posting Komentar