Gejala dan Dampak Smartphone yang Terserang Virus Android

Android terserang virus

Tekno.Aktivitas.ID - Semakin lama, jumlah virus android memang semakin banyak. Bukan hanya jumlahnya saja yang bertambah namun kemampuannya juga bertambah.

Jika anda selama ini berpikir bahwa sistem operasi android merupakan sistem operasi yang bebas dari virus, maka anda salah besar.

Sudah banyak kasus yang ditemukan mengenai kerusakan smartphone android dikarenakan terjangkit virus. Bahkan ada cukup banyak korban yang mengalami kerugian lebih besar karena data-data penting di dalam smartphone juga berhasil didapatkan oleh pelaku penyebaran virus android.

Apakah smartphone android anda bebas dari virus? Jangan merasa yakin terlebih dahulu. Tidak semua virus android itu memiliki kemampuan untuk merusak. Cukup banyak virus android yang dibuat untuk mencuri data tanpa merusak perangkatnya.

Bagi anda yang ingin mengetahui ada tidaknya virus di dalam smartphone anda, anda bisa baca apa saja gejala sekaligus dampak smartphone yang sudah terserang virus android di artikel ini.

Gejala-Gejala Umum Smartphone Android yang Sudah Terinfeksi Virus

Sebuah smartphone yang sudah terinfeksi virus android biasanya menunjukan gejala-gejala tertentu. Berikut ini adalah beberapa contoh gejala smartphone android yang sudah terinfeksi virus:

1. Baterai smartphone menjadi lebih boros dari sebelumnya
Gejala ini yang paling sering muncul ketika smartphone anda terinfeksi virus. Baterai yang terasa lebih boros ini disebabkan karena smartphone anda bekerja lebih berat dari biasanya dikarenakan adanya virus di dalamnya.

2. Smartphone menjadi lebih cepat panas meskipun tidak digunakan
Adanya virus android di dalam smartphone sedikit banyak juga akan mempengaruhi suhu smartphone anda. Biasanya suhu smartphone akan lebih cepat meningkat meskipun sedang tidak digunakan.

3. Kuota internet terasa lebih boros dari biasanya
Jika anda merasa kuota internet anda cepat sekali habis, padahal anda sama sekali tidak mengunduh apapun dan berselancar secara normal, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan karena adanya virus di dalam smartphone anda.

Anda harus lebih berhati-hati jika gejala ini muncul. Kenapa? Karena bisa jadi virus android yang menginfeksi smartphone anda sedang mencuri data-data penting yang ada di dalam smartphone.

Dampak Mengerikan dari Smartphone yang Terinfeksi Virus Android

Bila anda tidak segera mencari solusi untuk menghapus virus android yang bersarang di dalam smartphone anda, maka bersiaplah untuk mengalami beberapa dampak infeksi virus android seperti:

1. Cepat atau lambat smartphone anda bisa mengalami kerusakan permanen
Sebuah smartphone yang terinfeksi virus android dan tidak segera diatasi cepat atau lambat bisa mengalami kerusakan permanen.

Hal ini disebabkan karena smartphone anda dipaksa terus menerus aktif bekerja selama ada virus di dalamnya. Secara otomatis, komponen smartphone anda akan mengalami over heating yang berujung pada malfungsi.

2. Bocornya data-data penting yang ada di dalam smartphone
Selain kerusakan secara permanen, membiarkan virus android terus bersarang di dalam smartphone juga bisa menyebabkan data-data penting di dalam smartphone dicuri.

Jika sampai data-data penting di dalam smartphone anda berhasil dicuri, dijamin kerugian yang anda alami bisa lebih dari sekedar membeli smartphone baru.

Jangan remehkan virus android di jaman sekarang. Virus tersebut bisa dengan mudah merusak smartphone anda dan bahkan menggunakan data-data penting anda untuk kepentingan pribadi penyebar virus.

Pastikan untuk selalu memperhatikan kejanggalan-kejanggalan yang terjadi ketika anda sedang menggunakan maupun sedang tidak menggunakan smartphone anda. Kenapa? Karena semakin cepat anda mengetahui adanya virus android di dalam smartphone, maka semakin mudah anda mengatasinya.

0 Komentar

Posting Komentar