Cara Mengatur Jarak Spasi 1 (Single), 1,5 atau 2 (Double) di Microsoft Word

Cara mengatur jarak spasi microsoft word

Tekno.Aktivitas.ID - Apakah Anda tahu cara setting spasi double (2) atau 1.5 di Microsoft Word. Sebagian pelajar hingga yang sudah bekerja mungkin masih ada yang belum tahu bagaimana mengatur spasi pada aplikasi dari Office ini.

Microsoft Word adalah salah satu fitur dari Microsoft Office yang dapat membatu kita membuat sebuah tulisan atau dokumen. Fitur word ini paling banyak digunakan oleh kita untuk mengerjakan tugas, surat, laporan dan lain sebagainya.

Kita menggunakan Word dapat untuk konteks yang formal maupun non-formal. Pada konteks dokumen formal, jelas akan ada format tertentu yang harus dipenuhi. Mulai dari margin halaman, ukuran font, jenis font, hingga jarak spasi.

Apa itu Jarak Spasi di Microsoft Word

Ini adalah salah satu masalah yang simpel, namun sangat penting bagi pengguna yang menggunakan Microsoft Word. Jarak spasi adalah jarak antar baris pada tulisan atau paragraf. Semakin kecil spasinya, maka jarak antar baris maupun paragraf akan semakin kecil. Nah, begitu pula sebaliknya.

Setting pada Microsoft Word 2007, 2010, 2013 hingga 2016

Pada Word versi 2007 hingga 2016 sangatlah simpel untuk setting jarak spasi. Office word telah menyediakan tampilan bar untuk mengaturnya, sehingga kita cukup memilih jarak spasi yang ingin kita pakai untuk dokumen kita.

1. Setting Langsung di Tab Home Dokumen

Anda dapat langsung merubah jarak spasi langsung pada bar tab seperti pada gambar. Akan ada pilihan jarak spasi yang dapat dipilih. Mulai dari jarak spasi 1.0 hingga 4.0.

Ada dapat merubah jarak spasi pada saat awal halaman kosong, sehingga dari awal halaman dokumen anda sudah ter-setting dengan jarak spasi yang diinginkan.

Apabila dokumen sudah tertulis, anda tinggal men-select paragraf mana yang ingin dirubah / select all tulisan apabila ingin merubah semua, lalu pilih jarak spasi seperti gambar dibawah.


2. Setting Pada Menu Paragraf Line Spacing

Caranya tidak jauh berbeda dengan setting langsung melalui tab home. Tinggal pilih paragraf mana yang ingin di-setting. Atau bisa memulai setting dari awal saat dokumen masih kosong.

Kemudian, klik tombol seperti yang dilihat pada gambar di bawah dan akan muncul tampilan pop up dari line spacing paragraf.



Pada bar line spacing kita dapat memilih line spacing yang diinginkan. Semisal single (1 spasi) atau double (2 spasi). Pada menu ini kita bisa mengatur lebih detail dengan mengubah angka spacing seperti gambar di bawah misal 0 pt kita rubah menjadi 10 pt.



3. Contoh Jarak Spasi Microsoft Word

Berikut adalah contoh penampakan jarak spasi pada angka spasi 1, spasi 1.5 dan spasi 2. Dengan tampilan ini anda dapat memastikan apakah jarak spasi dokumen Anda sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Contoh Jarak Spasi

Kini Anda sudah mengetahui bahwa mengatur jarak spasi adalah suatu hal yang sangat sederhana, tinggal kita pilih saja jarak spasi pada menu. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat membantu Anda dalam mengatur jarak spasi di Microsoft Word. Terima kasih.

0 Komentar

Posting Komentar