Tips Agar HP Android Anda Tidak Terasa Cepat Panas

agar handphone tidak cepat panas

Tekno.Aktivitas.ID - Pada umumnya pengguna hp android sering mengeluh tentang handphone-nya yang cepat terasa panas saat digunakan.

Android yang cepat panas biasanya terjadi saat charging atau pengecasan, bermain game, atau saat memutar video streaming.

Masalah ini menjadi lebih sering muncul sejak produsen smartphone mulai memproduksi produk mereka dengan kapasitas batterai yang lebih besar menjadi 4000mAh bahkan lebih. Besarnya kapasitas batterai membuat hp akan terus menerus digunakan, sehingga dapat membuatnya cepat panas.

Salah satu penyebab cepat panasnya hp Anda dapat disebabkan oleh masalah hardware atau daleman dari hp smartphone anda yang tidak normal. Namun, ada beberapa tindakan pencegahan untuk memperbaiki permasalah tersebut.

Tips Agar Hp Android Anda Tidak Cepat Panas


1. Hindari Kontak Langsung dari Sinar Matahari

Smartphone yang terkena sinar matahari langsung dapat mengakibatkan cepat panasnya HP Anda. Berdasarkan penelitian, smartphone touch screen akan terpengaruh apabila dibiarkan di bawah paparan sinar matahari dalam waktu yang lama. Saat cuaca sedang hangat atau panas disarankan untuk membawa ponsel di dalam tas atau tempat khusus.

2. Hindari Meletakkan Smartphone di Atas Kasur atau Sofa Saat Charging

Saat proses charging, smartphone akan memancarkan hawa panas. Meletakkan smartphone di permukaan yang empuk seperti kasur dan sofa akan menutup pembuangan panas berlebih dari smartphone, sehingga akan meningkatkan temperature gadget tersebut. Maka disarankan untuk meletakkan perangkat gadget pada permukaan yang keras saat men-charging-nya.

3. Melepas Cover Belakang

Cover belakang smartphone terkadang dapat membuat panas yang seharusnya dikeluarkan menjadi terjebak di dalamnya, sehingga akan menambah temperatur dari smarphone. Melepas cover belakang akan membantu smartphone Anda tetap terjaga suhunya.

4. Jangan Tinggalkan Smartphone yang Di-Charging Semalaman

Meninggalkan handphone semalaman saat sedang di-charging sering dilakukan oleh kita. Kita seringkali charging hp dan kemudian ditinggal tidur hingga pagi. Hal ini tidak hanya dapat membuat handphone cepat panas, namun juga berdampak pada daya tahan batterai.

5. Uninstall Aplikasi yang Menguras Daya Proses

Ada banyak sekali aplikasi yang tetap beroperasi dalam mode background dan ini akan menguras kemampuan berproses dari smartphone. Selain menguras kemampuan proses, juga dapat membuat smartphone lebih cepat panas. Maka, ada baiknya hapus aplikasi tersebut yang sekiranya tidak atau jarang dipakai.

6. Tidak Menggunakan Charger dan Batterai dari Pihak Ketiga

Jika memungkinan, hindari penggunaan changer dan batterai dari pihak ketiga atau berbeda brand dengan smartphone. Perbedaan brand ini memiliki kemungkinan ketidakcocokan yang mengakibatkan smartphone Anda menjadi cepat panas.

0 Komentar

Posting Komentar