Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Tidak Bisa Diperbarui atau Update


Tekno.Aktivitas.ID - Para pengguna smartphone android pasti akan mengalami beberapa masalah pada HP android yang digunakan. Salah satu masalah yang mungkin akan dihadapi oleh para pengguna HP android adalah masalah mengenai tidak dapat diupdatenya aplikasi yang sudah terinstal.

Padahal menggunakan aplikasi yang selalu up to date dapat meningkatkan keamanan dan menambah kemampuan serta kinerja dari aplikasi yang sudah terinstal tersebut. Selain meningkatkan keamanan sebuah aplikasi yang update biasanya juga menghadirkan fitur-fitur terbaru.

Penyebab mengenai aplikasi android tidak bisa diperbarui akan berbeda antara anda dan pengguna yang lain. Namun, secara umum hal ini dapat terjadi karena  tidak cukup ruang jadi untuk ruang aplikasi yang akan diinstal tidak ada atau tidak tersedia ruang yang cukup, jaringan internet yang lambat atau tidak stabil, atau menggunakan akses data secara bersamaan seperti sedang download lalu bersamaan dengan mengupdate aplikasi.

Selain itu hal-hal lain yang menyebabkan anda tidak bisa mengupdate aplikasi-aplikasi pada android anda adalah cache yang menumpuk karena cache yang ada disetiap aplikasi anda tidak pernah dihapus.

Kemudian menyebabkan aplikasi android tidak bisa diperbarui dan hanya memberikan notifikasi mengenai adanya update terbaru pada aplikasi anda saja, versi android yang sudah jadul, dan lain sebagainya. untuk lebih jelasnya berikut hal-hal yang menyebabkan android tidak dapat memperbarui aplikasi:


Kurangnya Ruang Penyimpanan Internal

Jika anda tidak dapat memperbarui aplikasi anda, mungkin hal tersebut dikarenakan kurangnya ruang untuk menyimpan aplikasi yang terbaru karena biasanya aplikasi yang terbaru dan terupdate memiliki tambahan fitur-fitur yang menyebabkan ukuran dari aplikasi tersebut lebih besar dari sebelumnya.

Hal ini dapat diatasi dengan menghapus aplikasi, foto, video yang ada pada HP android anda yang tidak terlalu penting sehingga memakan banyak sekali ruang penyimpanan. Saran kami adalah, sebaikny anda mulai untuk menyeleksi aplikasi mana saja yang sudah tidak penting dan segeralah menghapusnya.

Hal tersebut dapat membantu anda untuk mengosongkan memori penyimpanan android anda. Untuk mengetahui apa saja yang memakan banyak storage android, anda dapat mengeceknya melalui menu setting lalu pilih opsi storage.


Terlalu Banyak Cache

Cache semakin lama semakin menumpuk karena setiap kali anda menginstal aplikasi baru atau menghapusnya pasti akan menambah jumlah cache yang ada pada HP Android anda. Untuk mengatasi masalah ini cobalah untuk menghapus cache yang ada pada aplikasi-aplikasi yang sering anda gunakan.

Misalnya saja cache yang ada pada aplikasi whatsapp. Untuk menghapus cache yang ada pada aplikasi whatsapp anda dapat membuka menu setting kemudian pilih opsi Apps dan pilih tampilkan semua aplikasi (All).

Setelah itu akan muncul halaman yang menunjukkan seluruh aplikasi yang telah terinstal di ponsel android anda. Pilih salah satu aplikasi kemudian delete cache pada aplikasi tersebut dengan menekan tombol clear cache


Versi android yang jadul atau tidak mendukung

Jika aplikasi yang anda inginkan tidak dapat diperbarui atau diupdate pada HP android anda, mungkin salah satu penyebabnya adalah versi dari android anda tidak mendukung pembaharuan dari aplikasi tersebut.

Hal ini dikarenakan, semakin berkembangnya sebuah aplikasi biasanya para developer akan membatasi versi OS agar aplikasi tersebut dapat berjalan secara maksimal.

Untuk memperbarui versi dari android yang anda gunakan anda dapat membuka menu setting, lalu pilih  bagian about dan pilih software updates. Dari situ anda dapat mengecek apakah ada versi terbaru atau tidak.

Itulah beberapa penyebab yang dapat membuat anda tidak dapat mengupgared atau memperbarui aplikasi yang ada di HP android anda. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat melakukan salah satu dari cara mengatasi aplikasi yang tidak dapat diperbarui berikut ini:


Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Tidak Bisa Diperbarui

1. Bersihkan Cache dan Data dari Play Store

Saat anda membuka play store dan memilih menu My Apps & Games anda akan mengetahui aplikasi mana saja yang tersedia untuk di update. Jika aplikasi tersebut selalu gagal pada saat melakukan proses pembaruan atau bahkan tidak bisa sama sekali anda dapat menggunakan cara sebagai berikut ini:

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan anda mengetahui alamat email dan kata sandi yang digunakan untuk Play Store
  • Masuk ke pengaturan kemudian pilih manajer aplikasi
  • Pada tap didownload/terunduh, cari aplikasi Google Play Store
  • Pilih dan tap tombol Hapus Data dan Hapus Memori

2. Bersihkan Cache dan Data yang Ada Pada Aplikasi Android yang Akan Diperbaharui.

Pada saat kita menjalan aplikasi tertentu terkadang tiba-tiba muncul overlay yang menghalangi layar yang mengharuskan anda untuk memperbarui atau mengupdate aplikasi yang sedang digunakan tersebut.

Namun yang terjadi pada saat kita masuk ke play store anda tidak dapat mengupdate aplikasi tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah masuk ke pengaturan kemudian pilih dan tap Manajer Aplikasi
  • Pada tap Didownload atau terunduh, cari dan buka aplikasi yang akan anda update
  • Tap dan pilih Hapus Data dan Hapus Memori
  • Selanjutnya anda dapat masuk ke play store kemudian pilih tap perbarui

3. Gunakan Clean Master dan Reboot

Jika kedua cara yang sudah dijelaskan sebelumnya tidak mempan atau belum berhasil juga, anda dapat melakukan pembersihan cache dan file residual (file yang tersisa) yang ada didalam smartphone android anda dengan menggunakan aplikasi yang berfungsi sebagai pihak ketiga yaitu Clean Master.

Selanjutnya anda dapat melakukan reboot atau muat ulang android anda menggunakan aplikasi tersebut. Cara ini digunakan untuk merefresh sistem secara keseluruhan agar sistem android yang anda gunakan dapat berjalan dengan normal kembali. Saat smartphone anda sudah menyala kembali, jangan lupa untuk menghidupkan koneksi internet anda

4. Menggunakan Factory Reset

Jika cara-cara diatas tidak dapat menyelesaikan masalah ini, mungkin anda harus mencoba cara terakhir yang sedikit berisiko karena dapat menghapus dan membersihkan data-data yang ada pada HP Android anda.

Namun, hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan metode ini, anda harus melakukan backup data terlebih dahulu untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan yang dapat menyebabkan data-data penting yang ada pada android anda hilang.

Untuk melakukan reset dengan metode ini dapat dilakukan dengan membuka menu setting, pilih backup dan reset lalu pilih Reset. Biasanya proses ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 15-3- menit.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan dengan mudah untuk mengatasi masalah aplikasi android yang tidak dapat diperbarui atau diupdate. Anda dapat memilih salah satu cara yang sudah dijelaskan diatas karena terkadang kita tidak tahu persis masalah apa yang membuat aplikasi tidak dapat diinstal atau diupdate/diperbarui.

Nah, dengan mencoba beberapa metode diatas kami harap anda dapat menyelesaikan masalah yang anda hadapi dalam melakukan pembaruan aplikasi yang ada di HP android anda. Semoga bermanfaat.