Cara Merekam Layar Android Tanpa Root

cara rekam layar android tanpa root

Tekno.Aktivitas.ID - Android atau smartphone adalah salah satu ponsel yang banyak digunakan dan banyak digandrungi oleh masyarakat hampir disemua kalangan. Pada saat ini siapa yang tidak mengenal ponsel android.  Sistem operasi HP android memang sudah sangat populer di dunia begitu juga termasuk di Indonesia.

Saat ini sudah banyak sekali ponsel smartphone yang menggunakan sistem android seperti perusahaan ponsel terbesar misalnya samsung, sony, asus, advan, lenovo, oppo, xiaomi dan masih banyak lagi lainnya. Mungkin anda penasaran, apa sih kelebihan dari ponsel yang bersistem operasi android?

Kelebihan dari ponsel smartphone yang bersistem android ini adalah banyaknya berbagai macam aplikasi dan game yang dapat anda unduh atau download secara gratis melalui playstore, sehingga hal inilah yang menyebabkan banyaknya orang yang jatuh cinta dengan android, selain itu ditambah dengan kehadiran aplikasi yang dapat merekam layar android yang disebut dengan aplikasi perekam layar android.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam layar android yang terbaik dan terbaru. Aplikasi perekam android ini berfungsi untuk merekam semua kegiatan yang ada di layar android anda.

Tidak hanya merekam semua kegiatan layar, aplikasi ini juga dapat membuat suatu video. Namun, tidak semua aplikasi perekam video dapat diinstal di HP android anda. Hal ini terjadi karena beberapa aplikasi tersebut membutuhkan syarat tertentu agar dapat berjalan pada perangkat anda. Misalnya membutuhkan RAM yang tinggi, GPU harus rendering, kecepatan prosesor dan masih banyak lagi syarat-syarat yang lainnya.

Salah satu syarat yang lain adalah ada beberapa aplikasi perekam video yang membutuhkan akses root yang harus disesuaikan dengan OS android yang terpasang pada tiap-tiap perangkat. Berikut merupakan ulasan dari beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk merekam layar android anda yang dapat anda peroleh secara gratis di google play store dan tanpa harus root HP android anda.

1. Mobizen Screen Recorder

Aplikasi perekam layar android tanpa root yang pertama adalah aplikasi yang bernama mobizen screen Recorder. Aplikasi ini merupakan aplikasi android yang diberikan secara gratis untuk merekam layar android dengan kualiatas full HD & memiliki banyak fitur.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi mobizen. Salah satunya adalah fitur aplikasi yang tidak memerlukan akses root dan dapat dijalankan pada banyak model perangkat seperti ponsel dan tablet. Namun aplikasi ini hanya tersedia pada android versi 4.4 dan yang terbaru.

Cara Merekam Layar Android Tanpa Root

Mobizen dapat merekam video dengan kualitas HD yakni dengan ukuran (240p – 1080p) dengan frame rate (bingkai perdetik sebesar 5fps – 60fps. Video yang dihasilkan berkualitas 0.5 mbs – 15 mbs.

Mobizen sudah dilengkapi dengan fitur video editor, jadi anda tida perlu khawatir untuk mengedit video-video yang sudah anda hasilkan. Aplikasi ini dilengkapi dengan mode booster yang dapat menampilkan layar ponsel anda ke dalam komputer PC/Laptop.

Selain dapat digunakan untuk merekam video, aplikasi ini juga dapat merekam audio baik secara internal maupun eksternal. Fitur lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah aplikasi dapat menghilangkan/menampilkan watermark dan gestur/titik sentuk yang ada pada layar perangkat. Untuk masalah penyimpanan, aplikasi ini sudah mendukung penyimpanan eksternal dengan mengunakan kartu SD.

2. AZ Screen Recorder

Aplikasi terbaik nomer dua setelah aplikasi mobizen adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat anda dapatkan secara gratis untuk merekam layar perangkat android anda. untuk fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini adalah aplikasi tidak membutuhkan root, mampu merekam layar ke video dengan ukuran full HD dan QHD tanpa batas waktu.

Cara Merekam Layar Android Tanpa Root

Anda yang tidak suka dengan aplikasi yang biasanya memuat banyak iklan, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi perekam layar ini karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang bebas iklan dan watermark sehingga dapat dengan mudah digunakan.

Untuk frame rate-nya aplikasi memiliki frame rate up to 60fps dan bitrate up to 12 Mbps. Video yang dihasilkan oleh aplikasi ini dapat disimpin dipenyimpanan eksternal kartu memori.

Pada saat anda merekam layar android anda aplikasi ini dapat dijeda atau pause continue untuk memudahkan penggunaa. AZ Screen Recorder ini memiliki fitur yang menarik yaitu adanya fitur magic button yang merupakan sebuah opsi pengontrol rekaman tanpa menunjukkan tanda apapun di layar sehingga hasil rekaman terlihat sangat alami dan smooth sekali, anda juga dapat merekam wajah dan emosi melalui layar kecil yang disediakan.

Ditambah lagi dengan fitur draw on screen yang dapat anda gunakan untuk menggambar langsung di atas layar perekam. Cara merekamnya juga sangat mudah anda hanya perlu menekan tombol rekam yang ada pada menu utama.

3. Free screen recorder No Root

Aplikasi perekam layar android selanjutnya yang dapat anda gunakan tanpa root adalah Free screen recorder no root. Aplikasi perekam layar ini tidak membutuhkan akses root sehingga hp android anda yang masih belum di root pun dapat menggunakan aplikasi perekam layar ini. Aplikasi ini mampu merekam layar android anda baik pada saat bermain game ataupun pada saat membuat tutorial untuk promosi.

Cara Merekam Layar Android Tanpa Root

4. No root Record Screen to video

Aplikasi perekam layar yang lainnya adalah no root record screen to video.  Sesuai dengan namanya, aplikasi ini juga tidak mwmbutuhkan root pada hp android anda. Aplikasi perekam layar android ini dapat digunakam bagi hp android yang sudah di root maupun yang belum di root. Aplikasi perekam layar ini dapat merekam hingga 24 frame per detik. Namun sayangnya HP android ini hanya dapat digunakan untuk Hp android dengan versi 2.1 ke atas.


5. Shou TV

Aplikasi perekam layar yang ketiga yang dapat anda gunakan tanpa root hp android anda adalah shou TV. Aplikasi perekam layar video ini sama dengan aplikasi lainnya. Aplikasi perekam layar ini dapat melakukan broadcast live streaming.

Cara Merekam Layar Android Tanpa Root

Aplikasi perekam layar android ini sangat cocok bagi anda yang gemar sekali bermain game, karena anda dapat menunjukkan keahliaan bermain game secara live strraming. Namun sayangnya aplikasi perekam layar ini hanya dapat dioperasikan pada hp android yang memiliki versi jelly bean 4.1 ke atas.

6. Game Screen Recorder

Sesuai dengan namanya aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi anda pecinta game. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa harus di root, aplikasi ini dikembangkan oleh Dgenius Mobile dan telah terdownload hingga 29 ribu pengguna smartphone android.

Cara Merekam Layar Android Tanpa Root

Fitur-fitur yang di berikan juga sangat menarik, yang pertama ada fitur prolog editor yang dapat anda gunakan saat mengedit permulaan atau prolog dan menambahkannya ke dalam video rekaman anda. pada bagian fitur ini, anda dapat mengatur tingkat transparansi sehingga tidak mengganggu pada saat anda menggunakannya.

Aplikasi perekam layar android ini sangat ringan untuk digunakan sehingga anda dapat secara otomatis mengidentifikasi game yang dimainkan di android anda dan tidak ada batasan waktu untuk menggunakannya, anda dapat dengan leluasa ingin merekam layar kapan saja.

Itulah beberapa aplikasi perekam layar android yang dapat anda gunakan untuk smartphone android anda tanpa harus akses root. Semoga bermanfaat.